PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI (IT)


Profesi merupakan sebutan bagi sekelompok orang yang memiliki kesamaan pekerjaan di bidang tertentu. Pekerjaan disini bukan merupakan pekerjaan biasa, melainkan pekerjaan yang memiliki kriteria tertentu. Kriteria suatu pekerjaan dapat dikatakan profesi apabila :

a.       Memiliki kerumitan sehingga bidang pekerjaan tersebut terspesialisasi.
 
      Misalkan profesi polisi, memiliki kerumitan tinggi dan terspesialisasi lagi menjadi polisi lalu lintas, polisi militer, polisi hutan, polisi air, dan sebagainya. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai pelayan restoran tidak dapat dikatakan sebagai profesi.

b. Membutuhkan pendidikan dan ilmu keahlian yang tinggi
    
     Misalkan profesi dosen, membutuhkan ilmu keahlian dari pendidikan yang ditempuhnya. Jika yang diajarkan mahasiswa Diploma-3, maka syarat menjadi dosen telah lulus dari pendidikan Sarjana (S-1). Jika yang diajarkan mahasiswa Sarjana, maka syarat menjadi dosen adalah lulusan Magister (S-2). Begitupula untuk mengajar mahasiswa Magister, syarat menjadi dosen adalah telah bergelar Doktor. Oleh karena itu, menjadi pembantu rumah tangga tidak dapat disebut debagai profesi karena tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi.
Adapun pekerjaan di bidang teknologi informasi sudah dapat dikatakan sebagai profesi karena sudah memenuhi semua kriteria-kriteria di atas. Adapun yang termasuk profesi-profesi di bidang teknologi informasi adalah :


Kelompok yang berkecimpung di bidang perangkat lunak.
  • Sistem Analis; orang yang bertugas untuk menganalisa dan merancang suatu sistem.
  • Programmer; orang yang bertugas untuk mengimplementasikan rancangan sistem analisis dengan membuat program-program sesuai dengan bahasa pemrograman yang dikuasai.
  • Web Designer; hampir sama dengan sistem analis. Bedanya ialah web designer merancang dan menganalisa suatu sistem yang berbasis web.
  • Web Programmer; orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer.
Kelompok yang berkecimpung di bidang perangkat keras.
  • Technical Engineering; sering disebut sebagai teknisi, yaitu orang yang memiliki keahlian di dalam bidang teknik dan sedikit tentang perangkat keras, baik tentang pemeliharaan maupun perbaikan sistem komputer.
  • Networking Engineering; orang yang berkecimpung dakam bidang teknis jaringan komputer, dari pemasangan, pemeliharaan sampai perbaikan masalah-masalahnya.
Kelompok yang mengoperasikan electronik data processing (EDP).
  • EDP Operator; orang yang bertugas megoperasikan program-program yang berhubungan dengan electonic data processing dalam lingkungan sebuah peusahaan atau organisasi lainnya.
  • System Administrator; orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem.
  • MIS Director; orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.

Kelompok yang berkecimpung dalam pengembangan bisnis teknologi informasi.

Referensi :
http://blog.uin-malang.ac.id/ellie/2011/06/profesi-di-bidang-teknologi-informasi-etika-profes/
http://adynu.wordpress.com/2010/12/09/tugas-sistem-analis/
http://shllyguttya.blogspot.com/2012/03/profesi-profesi-dalam-bidang-ti.html
http://kartika21sweet.blogspot.com/2010/04/profesi-teknologi-informasi.html
http://jokoalmady.blogspot.com/2011/12/profesi-di-bidang-teknologi-informasi.html
http://jokoalmady.blogspot.com/2011/12/profesi-di-bidang-teknologi-informasi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com