METODE ILMIAH


1. PENGERTIAN

1.1.PENGERTIAN METODE

Metode adalah suatu kerangka kerja untuk melakukan tindakan atau suatu kerangka berfikir menyusun gagasan yang beraturan, terarah dan terkonteks yang relevan dengan maksud dan tujuan.

1.2.PENGERTIAN ILMIAH

Ilmiah adalah suatu pengetahuan yang dapat memperkuat suatu metode atau tata cara dalam penyusunan metode ilmiah.

1.3.PENGERTIAN METODE ILMIAH

Metode ilmiah Merupakan suatu prosedur (urutan langkah ) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah. Atau bisa dikatakan metode ilmiah ialah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara matematis berdasarkan bukti fisis.

1.4.PENGERTIAN METODE ILMIAH MENURUT PARA AHLI

Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.

Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

2. KARAKTERISTIK ATAU KRITERIA METODE ILMIAH

Metode ilmiah bergantung pada karakterisasi yang cermat atas subjek investigasi. Adapun kriteria Metode ilmiah adalah sebagai berikut :

a. Berdasarkan fakta

Keterangan-keterangan yang ingin diperoleh dalam penelitian, baik akan dikumpulkan dan yang dianalisa harus sesuai fakta.

b. Bebas dari prasangka

Metode ilmiah harus jauh dari prasangka subjektif yang meliputi emosi dalam diri. Menggunakan suatu fakta haruslah dengan alas an dan bukti yang lengkap dan pembuktian yang objektif.

c. Menggunakan prinsip analisa

Dalam memahami serta memberi arti terhadap yang kompleks, harus digunakan prinsip analisa yaitu setiap masalah harus dicari sebab-musabab serta pemecahannya dengan menggunakan analisa logis.

d. Menggunakan hipotesa

Hipotesa mempunyai fungsi untuk membantu peneliti dalam tujuan yang ingin dicapai dari sebuah masalah yang sedang diamati. Sehingga hasil yang diperoleh akan mengenai sasaran dengan tepat.

e. Menggunakan ukuran obyektif

Pertimbangan-pertimbangan dalam metode ilmiah harus dibuat secara objektif dan dengan menggunakan pikiran yang waras.

f. Menggunakan teknik kuantifikasi

Dalam menggunakan teknik ini dalam memperlakukan data ukuran kuantitatif yang lazim digunakan adalah ukuran nominal, ranking dan rating.

3. TUJUAN METODE ILMIAH

Mendapatkan pengetahuan ilmiah yang rasional, yang teruji sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.

Sumber :

http://dossuwanda.wordpress.com/2008/03/29/apakah-yang-dimaksud-dengan-metode-ilmiah/

http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_ilmiah

http://alphaomega86.tripod.com/metode_ilmiah.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com