CLASS DIAGRAM PERPUSTAKAAN

Uraian :

Class Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari sebuah sistem,sistem tersebut akan menampilkan system kelas,atribut dan hubungan antara kelasketika suatu sistem telah selesai membuat diagram. Objek diagram adalah suatu diagram yang berfungsi untuk mengatur atribut, objek dan
hubungan antara contoh dalam diagram, objek diagram juga dapat menampilkan struktur model system
dalam waktu tertentu.

Diagram diatas merupakan diagram class untuk peminjaman buku di perpustakaan. Didalam diagram tersebut kita memiliki beberapa object diantaranya Mahasiswa, anggota, denda, transaksi, koleksi buku, petugas perpustakaan, koleksi buku, koleksi buku local dan koleksi buku asing.

Object Anggota diatas merupakan turunan dari object mahasiswa bila ingin meminjam sebuah buku haruslah mahasiswa tersebut terdaftar menjadi anggota yang harus memiliki atribut pendukung yaitu, id_anggota dan nama anggota dan memiliki suatu aksi yaitu insert untuk menambahkan jumlah anggota untuk perpustakaan tersebut dan juga di perbaharui datanya, dan juga di delete bila ia sudah lulus dari universitas tersebut.

Petugas perpustakaan dapat melakukan transaksi pencatatan peminjaman dan pengembalian buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan tersebut. Lalu, di dalam sebuah transaksi kemungkinan ada sebuah denda yang dapat diberikan bila pengembalian buku melewati batas maksimum. Selain itu juga transaksi buku juga dapat dilakukan oleh anggota untuk memilih buku yang ada dalam perpustakaan tersebut, yang terdiri dari 2 buah koleksi yaitu koleksi buku asing dan koleksi buku local.

4 komentar:

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com