IT FORENSICS

Apa itu IT Forensics ?
Beberapa definisi IT Forensics yaitu sebagai berikut :
  • Definisi sederhana, yaitu penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal.
  • Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.
  • Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.

Secara umum IT Forensics yaitu :
ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (misalnya metode sebab-akibat).

Tujuan IT Forensics
Tujuan utamanya adalah untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital dengan menjabarkan keadaan terkini dari suatu artefak digital. Beberapa contoh bukti digital misalnya: e-mail, file bentuk image, video, audio, web browser bookmark, deleted file, registry suatu OS, logs, dll.

Prosedur Forensics
Prosedur forensik yang umum digunakan, antara lain :
-Membuat copies dari keseluruhan log data, file, dan lain-lain yang dianggap perlu pada suatu media yang terpisah.
-Membuat copies secara matematis.
-Dokumentasi yang baik dari segala sesuatu yang dikerjakan.

Bukti yang digunakan dalam IT Forensics berupa :
  • Harddisk.
  • Floopy disk atau media lain yang bersifat removeable.
  • Network system.

Beberapa metode yang umum digunakan untuk forensik pada komputer ada dua yaitu :
  • Search dan seizure. Dimulai dari perumusan suatu rencana.
  • Pencarian informasi (discovery information). Metode pencarian informasi yang dilakukan oleh investigator merupakn pencarian bukti tambahan dengan mengandalkan saksi baik secara langsung maupun tidak langsung terlibat dengan kasus ini.


Audit Trail
IT Audit Trail adalah suatu bagian yang ada dalam program yang dapat mencatat kegiatan-kegiatan audit secara rinci yang dilakukan oleh para penggunanya. Dengan adanya audit trail makan kita dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh penggunanya, akses yang telah dilakukan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dasar ide membuat fitur Audit Trail adalah menyimpan histori tentang suatu data (dibuat, diubah atau dihapus) dan oleh siapa, oleh siapa di sini bisa merupakan seorang IT yang tentunya ahli dibidang IT audit, serta bisa menampilkannya secara kronologis. Dengan adanya Audit Trail ini, semua kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan baik.

Pengguna dari audit trail biasanya merupakan seorang IT yang tentunya ahli dibidang IT audit.

Fasilitas Audit Trail
Fasilitas ini dapat diaktifkan atau di non-aktifkan melalui menu preferences. Apabila ada sebuah transaksi yang di-edit, maka jurnal lamanya akan disimpan, begitu pula dengan jurnal barunya. Jadi, apa pun yang dilakukan oleh user di Accurate dapat di pantau dari laporan Audit Trail. Laporan ini dapat berupa summary (aktivitas apa saja yang dilakukan), atau detail (semua perubahan jurnal akan ditampilkan).

Hasil Audit Trail
Record Audit Trail disimpan dalam bentuk, yaitu :
  • Binary File – Ukuran tidak besar dan tidak bisa dibaca begitu saja
  • Text File – Ukuran besar dan bisa dibaca langsung
  • Tabel.

Real Time Audit
Real Time Audit atau RTA adalah suatu sistem untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan, di mana pun mereka berada. Ini mengkombinasikan prosedur sederhana dan logis untuk merencanakan dan melakukan dana untuk kegiatan dan “siklus proyek” pendekatan untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung dan penilaian termasuk cara mencegah pengeluaran yang tidak sesuai.
Pada Real Time Audit (RTA) dapat juga menyediakan teknik ideal untuk memungkinkan mereka yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja karena sistem ini tidak mengganggu atau investor dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan tanpa menuntut waktu manajer.


Sumber :

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years more and weigh an average of 19 kilos less than we do.

    (By the way, it is not about genetics or some secret diet and EVERYTHING related to "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    CLICK this link to uncover if this easy quiz can help you discover your real weight loss potential

    BalasHapus

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com