APLIKASI WIRELESS

Pengertian Wireless.

Wireless merupakan kependekan dari wireless Fidelity, yang merupakan teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Wireless technology dapat dimanfaatkan untuk komunikasi. Dan pengontrolan.



Kelebihan wireless

  • Jika dipasang di rumah, setup sistem desktop untuk akses internet wireless akan menyiarkan konektivitas di seluruh daerah langsung. Setiap anggota keluarga dengan laptop atau desktop di ruangan lain dapat terhubung secara wireless ke Internet untuk berbagi koneksi utama. Tetangga juga mungkin dapat mengakses koneksi wireless ini, itulah sebabnya salah satu kelebihan wireless, kebanyakan LAN wireless yang dikonfigurasi dengan keamanan password.   
  • Wireless juga dapat digunakan di tempat kerja. Sebuah jaringan kabel tidak hanya bisa sangat memakan waktu untuk menginstal seluruh gedung, juga sangat mahal. Kabel Ethernet digunakan untuk menghubungkan mesin klien mungkin perlu disalurkan melalui dinding, plafon, dan lantai. Di masa lalu, kerugian ini kadang-kadang diabaikan karena keuntungan yang lebih besar keamanan dan kecepatan transfer data lebih cepat melalui kabel Ethernet. 
  • Dapat diinstal dalam hitungan menit hampir oleh hampir siapa saja, sangat murah, dan dapat memiliki tingkat transfer data yang menyamai keras-kabel Ethernet LAN. Selanjutnya, WPA2 mengenkripsi semua lalu lintas pada LAN, mengatasi masalah menguping.

Aplikasi teknologi menggunakan Wireless (Hot Spot)

Pengertian Hot spot 

Hot spot adalah lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer seperti laptop atau PDA tanpa menggunakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jaringan seperti internet. Atau dapat diartikan dengan definisi untuk daerah yang dilayani oleh satu Access Point Wireless LAN standar 802.11a/b/g, dimana pengguna (user) dapat masuk ke dalam Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, PDA atau lainnya. 





Autentikasi Wireless HotSpot: 
  • Dengan menggunakan program Nocat gratis menggunakan Linux
  • Dengan menggunakan Mikrotik bayar sejumlah 1-7 juta rupiah
  • Dengan menggunakan piranti sejenis IP3. Piranti keras mulai dari USD 2.500

Macam-macam wireless hot spot 
  •  HotSpot gratis untuk tambahan pelayanan umum : di lobby hotel atau coffee shop
  • HotSpot berbayar langsung ke pemilik gedung : ruangan hotel, restoran, coffee sho   
  • HotSPot berbayar ke operator Wi Fi HotSpot, misalnya Boingo, iPASS
  
Prosedur mengakses portal Hotspot 



 
Referesi 

orinet-semarang.blogspot.com/2008/07/apa-itu-wireless.html
http://qyentruzz.blogspot.com/2008/05/pengertian-hotspot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com