PEMROGRAMAN JAVA

PENGERTIAN JAVA.

Java adalah bahasa yang perkembangannya sangat pesat dan memiliki dukungan yang sangat besar dari komunitas pengembang perangkat lunak di seluruh dunia. Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Di kembangkan oleh Sun Microsystem dan diterbtkan tahun 1995.

Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer . Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.


KELEBIHAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA


  1. Multiplatfrom. Merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki bahasa pemrograman JAVA karena dapat dijalankan di beberpa system operasi Komputer. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system linux tetapi dijalankan dengan baik diatas Microsoft windows.
  1. Sederhana dan ampuh. Kesederhanaan adalah kelebihan utama yang ditawarkan Java karena Mudah untuk dipelajari.Java menyediakan sarana untuk membuat program yang berjalan dalam web browser.programmer dapat menggunakan program kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di jaringan.
  1. OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya java tidak diturunkan dari bahasa pemrograman manapun.java memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka yang intuiftif hanya jika diperlukan.
  1. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/Perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  1. Aman, salah satu prinsip kunci perancangan java adalah keselamatan dan keamanan. Java tidak pernah memiliki fasilitas dan keamanan yang tidak aman sampai perlu ditangani secara khusus oleh pengamannya.
  1. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

SINTAKS DALAM JAVA

v Class

Merupakan struktur dasar dari OOP. Class ini terdiri dari 2 tipe anggota dimana disebut dengan field (atribut/property) dan method. Field mespesifikasi tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method spesifikasi dari operasi.

v Object

Instance dari class. Jika class secara umum mempresentasikan sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.

v Instantiate

Bila kita mendeklarasikan suatu kelas file dalam program java. Instantiate ini berfungsi untuk melakukan operasi baca/tulis, mengambil nama file, mengetahui ukuran suatu file, delete dan read only file, mengetahui jumlah file dalam suatu direktori (folder)

v Variable instance

Suatu yang digunakan untuk mengambil nilai dari suatu variable dengan menggunakan tanda titik (.) dan untuk memberi nilai menggunakan (=)

v Method instance

Pemanggilan suatu method yang telah dideklarasikan dengan menggunakan tanda(.)

v Constructor

Suatu method tertentu untuk membuat dan menginisialisasi sebuah instance baru dari class.

v Class variable

sebuah variable yang dideklarasikan di class tetapi value variable itu langsung ditetapkan sehingga berlaku untuk semua object yang dibuat dengan class tersebut.

PERBANDINGAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN LAINNYA


v Perbandingan bahasa pemrograman Java dengan C++

Java awalnya diciptakan untuk komputasi jaringan .hal ini bergantung pada mesin virtual Untuk menjadi aman dan portable. Hal ini digabungkan dengan sebuah perpustakaan luas yang dirancang untuk memberikan abstraksi lengkap dari platform yang mendasari

C++ dirancang terutama untuk pemrograman system,memperluas bahasa pemrograman C.untuk ini pemrograman procedural bahasa dirancang untuk eksekusi efisien, bahasa pemrograman ini telah menambahkan dukungan untuk statis-mengetik pemrograman berorientasi objek, penanganan eksepsi, pengelolaan sumber daya scoped pada khususnya dan juga menambahkan standard perpustakaan yang meliputi wadah generik dan algoritma.

C++ merupakan pemrograman prosedural juga pemrograman berorientasi objek, berbeda dengan Java yang memang murni pemrograman berorientasi objek.

Pada C++ Manajemen memori Eksplisit, meskipun ada framework (kerangka kerja) pihak ketiga untuk melakukan pengumpulan sampah (garbage collection), serta mendukung desktruktor.

Pada Java, garbage collection secara otomatis (bisa dilakukan secara manual) dan tidak memiliki konsep destruktor


sumber :

http://maasdianto.web.id/java-and-c-dalam-perbandingan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Java

http://ndet.wordpress.com/2008/04/12/bahasa-pemrograman/

http://buletin.melsa.net.id/okt/1020/bahasa-java.html

http://ndet.wordpress.com/2008/04/12/bahasa-pemrograman/

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_Java_and_C%252B%252B

1 komentar:

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com