PERALATAN INPUT-OUTPUT

PERALATAN INPUT

Input data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input untuk sistem yang lain. Peralatan input memungkinkan pemakai untuk memasukkan informasi (data) ke dalam komputer untuk tujuan ana lisis maupun penyimpanan, sebagaimana memberikan perintah (command) kepada komputer.

Keyboard


Keyboard merupakan peralatan input yang paling banyak digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer. Dengan menekan sebuah tombol, keyboard akan men-generate kode yang merepresentasikan karakter yang berhubungan dengan tombol tersebut

Bar Code


Bar code adalah suatu peralatan input yang didesain untuk tujuan yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner.


· Contoh : Aplikasi Bar-Code

o super-markets

o stock inventory

o Sistem perpustakaan untuk katalog buku


· Penjelasan detail tentang Bar-Code

· Tiap digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang berurutan

· Tiap digit karakter dapat dipecah ke dalam tujuh elemen

· Digit dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left half

· dari simbol bar code Semua digit pada left have memilih jumlah garis hitam ganjil dandimulai dengan garis putih

· Semua digit pada right half memiliki jumlah garis hitam genap dan dimulai dengan karakter hitam.

· Memungkinkan scanning dalam segala arah.

· Dua kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua garis Hitam

· Dua garis hitam tersebut digunakan untuk menandai permulaan dan akhir dari simbol bar code.

· Universal Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan kode

produk

PERALATAN INPUT GRAFIS


Scanner mengubah sinyal analog menjadi digital, dengan image digital yang baru disimpan sebagai file gambar, maka gambar tersebut dapatdimodifiikasi dengan menggunakan program grafis, atau dapat dimasukkan sebagai dokumen dalam presentasi multimedia. Berikut ini akan dibahas beberapa peralatan input grafis.


Hand Scanners


Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan. Hanya dengan menyentuhkan ke image yang akan discan. Meskipun resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini dapat digunakan di manapun, kapan saja. Misal untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek gambar seperti peta.


Flatbed & Keyboard Scanners


Flatbed scanner adalah salah satu tipe scanner yang paling umumdigunakan. Dokumen yang akan di-scan bisa diletakkan pada tempat lembaranberkaca dan kemudian bagian atasnya ditutup. Kemudian scanner akan melakukanscan sepanjang dokumen dan menyimpannya ke dalam memori komputer. Tipe scanner yang lain adalah keyboard dengan scanner yang dibuat di dalamnya.


Drum Scanners


Drum scanner digunakan pada saat kebut uhan akan resolusi image yang tinggi dan biaya tidak menjadi pertimbangan utama. Peralatan ini umum digunakan untuk tujuan bisnis dengan hasil image yang berkualitas tinggi yang digunakan secara umum untuk terbitan majalah atau buku. Pada scanner ini, dokumen discan dan diputar sepanjang drum dengan kecepatan tinggi. Selama drum berputar, laser digunakan untuk mengiluminasikan gambar perbaris. Umumnya diperlukan waktu penyelesaian beberapa jam.

PERALATAN OUTPUT (Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa:

*Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

*Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

*Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

*Printer dan Plotter

Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.

*Monitor

Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

*Infocus

Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).

Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

Sumber :

http://www.ebookbeta.com/alat/alat-input-dan-output-terbaru-page.html

http://liyantanto.wordpress.com/2009/05/05/inputmasukan-dan-outputkeluaran/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com